Tips Rahasia Cara Mengelola Blog Yang Baik Agar Blog Berkualitas

Mengelola sebuah blog atau website sekarang menjadi sangat penting karena dari ngeblog kita bisa mendapatkan banyak uang tak hanya itu saja sekarang para blogger juga menjadikan sebuah blog sebagai bisnis online di internet. Mereka bisa mendapatkan uang dari blog karena menaruh iklan di blognya iklan tersebut juga banyak yang datang khsusus nya google adsense yang sangat populer sekali di dunia IMers (internet Marketing), Untuk mendapatkan sebuah iklan di blog juga tak semudah dan tak segampang yang anda bayangkan untuk mendapatkan nya kalian harus bersaing dengan ribuan atau bahkan jutaan orang di indonesia dan dunia. kalian harus pandai pandai membuat artikel yang menarik agar disukai pembaca maupun mesin pencari

Cara mengelola blog yang baik

Mengelola blog agar lebih menarik bertujuan untuk menarik daya pembaca agar si pembaca mengujungi blog kita karena dia akan mencari tahu apa yang dia ingin tahu nah kalian sebagai blogger harus menyediakan sebuah artikel yang bermanfaat untuk membantu mereka agar mereka terpuaskan dari apa yang mereka cari di internet. Jika kalian konsiten dan selalu rajin mengelola blog dengan baik dan benar yakin lah bahkan diwaktu yang akan datang kalian akan menjadi blogger indonesia yang sukses.

Blog adalah sumber informasi. Masing masing blog memiliki ciri khas sendiri dalam pembahasan di setiap artikelnya, baik dari segi tema maupun dari segi gaya bahasanya. Kebanyakan blog dibuat dengan tujuan komersial, alias mendapatkan keuntungan sebanyak banyaknya. Karena kemudahannya itulah maka sekarang ini banyak orang yang ingin membuat blog dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan sebaik baiknya. Dalam mengembangkan blog mereka masing masing juga memiliki perbedaan.

Dalam Usaha Mengelola blog juga bervariasi untuk setiap blognya karena segi cara menulis seseorang itu juga berbeda beda gaya bahasanya, terkadang bagi yang masih baru mengenal blog tulisan nya akan terlihat sedikit kaku dimata orang lain seperti saya ini namun seiring dengan berjalanya waktu nanti tanpa disadari kita akan mulai terbiasa untuk menulis artikel artikel berkualitas.

Namun ada sisi kelam dibalik itu, yaitu blog banyak yang terlantar karena tidak bisa menghasilkan uang. Para pemilik blog atau yang biasa disebut blogger ini mudah putus asa. Mungkin mereka sudah tahu akan banyak hal, namun mereka belum mempraktikannya sama sekali, atau bisa juga dalam mempraktikannya ada kesalahan.

Untuk mengembangkan blog menjadi besar itu bisa dibilang susah. Selain butuh waktu, juga butuh tenaga dan juga modal keuangan yang kuat. Karena tanpa semua itu rasanya akan sangat sulit untuk bisa bersaing berlomba lomba mengalahkan banyak blog antara yang satu dengan yang lainnya di era yang semakin marak dan semakin banyak muncul blog baru ini.

Dalam mengembangkan blog, beberapa pemilik menggunakan strategi tersendiri untuk membawa blog tersebut menuju kesuksesan. Nah di kesempatan kali ini saya ingin memberikan sedikit tips mengenai cara mengembangkan blog menjadi lebih luas jangkauannya dan menjadi terkenal oleh banyak orang. Ini adalah hasil dari riset dari beberapa situs di Indonesia yang memiliki pertumbuhan yang begitu pesat.

Bagaimana Cara Mengelola Blog Yang Baik Itu..?


Pelajari cara menulis artikel

Aktivitas blogging tidak akan lepas dari kegiatan menulis dan menulis untuk menyajikan artikel, oleh karena itu kemampuan menulis adalah prioritas utama yang harus anda miliki jika ingin terjun ke dunia blogging, saya pribadi terus terang saja awalnya sangat kesulitan merangkai kata ketika membuat artikel, 1 artikel mungkin bisa selesai beberapa hari, saya rasa begitu juga dengan yang dialami kebanyakan blogger pemula, sehingga tidak jarang banyak mereka yang pada akhirnya melakukan copy-paste yang sebetulnya kurang baik untuk pemula yang sedang dalam tahap belajar, padahal jika terus dilatih seiring waktu kemampuan menulis akan semakin ter asah dan  kata-kata akan mengalir begitu saja.

Kenali Jenis template blog yang baik dan SEO Friendly

Yang kedua yang harus anda perhatikan sebagai blogger pemula adalah anda harus mampu mengenali bagaimana ciri template blog yang baik dan seo friendly, silahkan anda cari template blog yang seo friendly dan gunakan untuk template blog anda, disarankan cukup 1 kali saja mengganti template, jangan pernah diganti-ganti lagi, karena sering mengganti template akan berpengaruh ke performa blog.

Jika anda mampu anda bisa membuat dan mendesain sendiri template blog yang akan anda gunakan atau anda bisa mencari template blog yang sudah banyak tersedia yang memiliki ciri template blog seo friendly, dengan menggunakan template seperti ini, maka ini adalah langkah awal yang dapat memudahkan artikel blog yang anda buat lebih mudah ditemukan di hasil pencarian.

Pelajari Optimasi Seo Onpage

Apa itu optimasi seo onpage?, optimasi seo onpage adalah upaya yang bisa dilakukan pemilik blog di dalam blognya sendiri, baik dari sisi template maupun penyajian artikel yang melibatkan unsur-unsur yang disukai mesin pencari, sehingga artikel akan lebih mudah memiliki peluang ditemukan di hasil pencarian google. Optimasi seo onpage tidak terbatas pada jenis flatform blog yang digunakan, baik itu wordpress, blogspot, mywapblog semuanya bisa melibatkan optimasi seo onpage di dalamnya.
Tujuannya adalah agar anda dapat memantau perkembangan blog anda, dan blog anda lebih mudah untuk di index google.

Ada yang beranggapan, tulis aja tidak usah memikirkan seo, sah-sah saja, namun jika memang ada tekniknya kenapa tidak kita pelajari, toh teknik ini bukanlah teknik asal-asalan, karena sudah banyak sekali dilakukan serangkaian uji coba oleh blogger-blogger pengalaman, sehingga menghasilkan sebuah ketentuan yang tidak mutlak yang memang memberikan efek positif terhadap blog yang kita miliki.

Untuk melibatkan optimasi seo onpage pada blog sebenarnya tidaklah sulit anda tinggal ikuti panduan optimasi seo onpage lengkap yang sudah tersedia dan siap untuk implementasikan pada blog anda terutama ketika anda menyusun artikel blog anda.

 Rajinlah menulis artikel berkualitas secara Konsisten

Yang berikutnya adalah anda harus rajin menerbitkan artikel, disarankan dalam waktu 3 bulan jangan sampai anda melewatkan satu haripun dalam menerbitkan artikel, minimal 1 artikel dalam 1 hari, atau minimal 3 artikel akan lebih baik, tujuannya agar index google bisa lebih cepat dan blog anda mendapatkan reputasi yang baik dari google.

Di bulan pertama dan kedua jangan pernah melihat visitor blog, karena hasilnya bisa membuat anda pesimis, cukup amati saja perkembangan page view di dashboard blog, jika sudah mengalami peningkatan, anda bisa

Untuk konsistensi penerbitan artikel, ini saya pernah praktekan dalam sehari minimal 3 artikel, kurang dari 3 bulan hasilnya cukup memuaskan, blog mampu mendatangkan pengunjung lebih dari 1.000 - 1.600 visitor per hari hanya dari mesin pencari google.
Hasilnya mungkin tidak sebanyak para mastah yang sudah berpengalaman, namun untuk saya pribadi sebagai pemula visitor untuk blog baru tersebut sudah cukup memuaskan dan mampu membangkitkan semangat.


Sekali-kali Bangun backlink dengan cara yang mudah untuk pemula

Sampai saat ini backlink memang masih sangat berpengaruh terhadap hasil pencarian, terbukti dengan adanya backlink visitor bisa meningkat. memang ada banyak sekali teknik dan strategi membangun backlink, untuk membangun backlink yang paling mudah untuk pemula adalah:

a. Bergabung di formum online, kemudian terbitkan artikel disana sekaligus meletakan backlink, namun perhatikan aturan forum,

b. Berkomentar di artikel yang relevan dengan komentar yang bermutu
Anda sekali-kali bisa berkomentar di artikel blog orang lain yang relevan, misalnya di blog wordpress atau blogspot dengan memilih opsi komentar name/URL jika ada, gunakan alamat blog utama anda, sebagai backlink dan gunakan nama anda sendiri, jangan memasukan kata kunci, cukup lakukan 1 bulan 3 kali, jangan terlalu berlebihan.
c. Kembangkan cara membangun backlink lainnya agar blog anda semakin baik di hasil pencarian.

Jadilah viral dan jadilah peloporlor

Sekarang ini banyak blog yang suka membahas akan sesuatu yang sedang viral. Jadi saat ada suatu berita hangat yang menjadi sebuah trend, atau sekedar isu, maka situs tersebut akan langsung membahasnya. Dari sinilah biasanya akan terjadi mendapatkan banyak pengunjung, dan mereka juga suka mengesharenya ke sosial media.

Kita bisa mencontoh situs di Indonesia yaitu Hipwee, dia bisa dibilang menggunakan strategi menciptakan konten viral agar situsnya tersebut juga ikut viral. Apalagi dia selalu menggunakan sosial media, karena dari sosial media itulah mereka bisa menjadi terkenal dan juga mendapatkan banyak pengunjung. Bahkan situs ini dari pertama kali dibuat hingga 3 bulan saja sudah memiliki ribuan pengunjung.

Selain itu, ada juga situs luar negeri yang mengusung konsep viral semacam viralnova. Yang mana situs itu dibeli dengan harga yang begitu mahal. Jadi bisa dibilang, situs dengan mengutamakan konsep viral ini akan memiliki potensi ledakan pengunjung yang begitu tinggi dan akan semakin eksis kedepannya.

Kadang seseorang ingin membuat blog mereka menjadi viral, mereka melakukan cara cara yang bisa dibilang licik. Seperti menggunakan isu SARA yang menjatuhkan satu pihak demi mendapatkan uang. Hal ini tentunya begitu memprihatinkan, terutama di negara kita ini yang memiliki banyak sekali keanekaragam dalam satu wadah. Namun bagaimanapun juga kedepannya situs yang penuh dengan isu SARA itu tidak akan memberikan banyak keuntungan, selain dikecam banyak orang, juga tidak sesuai dengan yang namanya undang-undang.

Sebenarnya teknik membuat konten yang viral ini menjadi salah satu teknik dari promosi gratis. Tentu hal ini karena konten viral itu sangat berpotensi untuk dishare oleh orang lain. Mereka secara sukarela mengeshare artikel yang sekiranya menurut mereka itu bagus dan perlu diketahui oleh orang lain. Tentu hal ini akan menjadi salah satu keuntungan tersendiri dari anda menggunakan teknik ini, yaitu tidak perlu mengeluarkan uang lebih banyak untuk melakukan biaya promosi.

faktor untuk mendapatkan share yang bagus

Perlu anda tahu, bahwa konten viral itu bukan hanya datang dari isu politik atau peristiwa yang sedang terjadi. Namun jika anda pandai, maka anda bisa menjadikan konten anda itu viral tanpa adanya suatu peristiwa atau trend masyarakat. Karena konten yang baik, berkualitas, bermanfaat dan disukai banyak orang itulah yang bisa menjadikannya menjadi viral. Inilah faktor untuk mendapatkan share yang bagus maka akan menjadi dikenal banyak orang.

Nah disinilah peran penting dari sebuah sosial media. Tanpa adanya sosial media, walau sebagus apapun konten anda, maka hal tersebut tidak bisa menjadi jaminan bahwa hal tersebut itu akan menjadi viral. Maka dari itu, hal yang perlu anda lakukan jika ingin menciptakan konten viral, maka anda harus sering bercengkrama di sosial media. Karena dari situlah anda bisa mendapatkan banyak orang yang sehati dengan konten yang dibuat.

Selain menggunakan teknik viral, anda juga bisa menciptakan teknik sebagai pelopor. Misalnya anda memiliki ide untuk membuat sesuatu yang benar benar kreatif atau sangat berguna dan menimbulkan ketertarikan untuk dilakukan oleh orang lain. Asalkan hal tersebut belum pernah dibahas oleh orang lain, maka anda bisa menjadi pelopor. Jadi nanti blog anda bisa menjadi rujukan banyak orang yang nantinya menjadi viral pada akhirnya.

Jadi jangan sungkan untuk membagikan ilmu yang anda miliki dengan cara membagikannya lewat blog ya. Karena kebaikan kita itulah yang nantinya akan dicari oleh banyak orang. Nah inilah sebenarnya hal yang sering digunakan oleh banyak orang untuk mengembangkan blog miliknya menjadi besar.

Pahami kebutuhan orang lain

Ngeblog adalah suatu aktivitas yang dilakukan dengan maksud dan tujuan untuk membagikan pengetahuan, informasi dan juga pengalaman kita kepada orang lain. Nah kita juga harus memahami apa yang dibutuhkan oleh orang lain. Hal itu bisa berupa hiburan, informasi, dan sebagainya. 

Kebutuhan orang lain menjadi dasar bagi kita untuk mengarahkan blog kita seperti apa kedepannya.
Sebenarnya ada fungsi lain dari blog, yaitu bisa menjadi tempat untuk bertermunya banyak orang yang memiliki beragam masalah. Jadi setidaknya blog tersebut bisa menjadi tempat untuk memecahkan masalah. Namun kadangkala pembahasan dalam artikel tidak sesepesifik yang diinginkan oleh pengunjung.

Maka untuk mengatasi hal tersebut, setidaknya anda visa membuat blof dengan memiliki sautu forum yang bergunak untuk tanya jawab. Asalkan anda pandai dalam niche yang dibahas dalam blog, maka tidak apa apa untuk membuat sebuah forum dalam blog.

Intinya, anda harus memahami kebutuhan orang lain. Hal ini bisa dilakukan dengan mengechek menggunakan tools seperti halnya google analytics. Karena dengan tools seperti itu, anda bisa mengetahui mengenai apa saja yang berkaitan dengan perilaku dan aktivitas pengunjung di blog anda. Misal mulai dari apa yang suka mereka cari, umur pengunjung, seberapa sering pengunjung yang balik lagi dan sebagainya.

Jika kita ingin mengembangkan blog menjadi lebh besar lagi, maka memahami kebutuhan pengunjung ini perlu anda lakukan. Karena bagaimanapun juga, hal ini akan bermanfaat bagi jangka kedepannya. Karena antar pengunjung dan pemilik blog akan selaras dan sesuai dengan keinginannya masing masing.

Promosikan secara tepat

Promosi adalah salah satu hal yang perlu dilakukan oleh blogger untuk mengembangkan blognya lebih besar lagi kedepannya. Mempromosikan blog secara tepat maka anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik dan jangka panjang. Walaupun sekarang ada berbagai tools yang bisa digunakan untuk spam di berbagai FB, namun bagaimanapun juga, anda tidak bisa mendapatkan hal yang lebih baik dalam jangka panjang. Bisa bisa link blog anda di blokir di FB.

Mempromosikan secara tepat itu juga tidak harus menggunakan uang dan biaya yang mahal. Namun anda bisa melakukannya secara gratis. Misalnya dengan memberikan link kita saat ada orang yang membutuhkan, guest blog di blog orang lain, sering blogwalking dan sebagainya, hal itu akan menjadikan blog anda lebih dikenal oleh banyak orang.

Blog baru memang sangat perlu dipromosikan, karena tanpa kegiatan ini, blog kita tidak akan bisa laku dan terkenal oleh banyak orang. Hal tersebut bisa diibaratkan dengan berjualan di tempat yang sepi atau bahkan dikuburan. Maka dari itu carilah pengunjung, jangan menunggu pengunjung yang tahu blog kita.

Untuk mengembangkan blog menjadi besar memang membutuhkan promosi yang tidak sebentar. Selain terus menerus memperbarui blog dengan konten yang orisinil, fresh dan juga berkualitas, melakukan kegiatan promosi atau mengenalkan kepada banyak orang juga perlu dilakukan secara berkesinambungan.

Ada banyak sekali media promosi blog, mulai dari menggunakan sosial media, f2f, m2m, menggunakan kaos, sticker atau endorse dan sebagainya. Anda bisa menggunakan yang termuda menurut sendiri. Karena bisa saja yang saya lakukan terasa mudah tapi tidak mudah untuk dilakukan oleh orang lain.

Yang penting, promosikan secara bijak, bangun personal branding dan kenalkan kepada banyak orang. Jangan suka melakukan spam ini dan itu. Karena hal ini bisa berakibat buruk dikemudian hari.

Nah sobat jungle folk mungkin itu saja tentang cara mengelola dan mengembangkan  blog agar blog menjadi terkenal dan berkualitas serta disukai banyak pembaca sekian dari saya semoga bermanfaat untuk anda.

46 Responses to "Tips Rahasia Cara Mengelola Blog Yang Baik Agar Blog Berkualitas"

  1. thanks gan sangat bermanfaat sekali buat ane yang masih newbie

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama ya gan hehe

      Delete
    2. Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

      Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

      saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp35 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

      Pembayaran yang fleksibel,
      Suku bunga rendah,
      Layanan berkualitas,
      Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

      Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

      Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)

      Delete
  2. mantab gan artikelnya sangat lengkap sekali thanks sekarang saya sudah bisa mengelola blog saya dengan baik hehe

    ReplyDelete
  3. keren gan artikelnya sangat friendly dimata pembaca seperti salah satunya saya ini

    ReplyDelete
  4. Pantes gk ada visitor orang jarang promosi blog
    hadehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. haddehh gan promosi itu wajib hehe biar visitor terus meningkat..tapi kalo punya ilmu seo yang baik gausah promosi juga banyak traficnya

      Delete
  5. siap saya coba gan , lumayan buat nambah wawasan

    ReplyDelete
  6. Makasih akan saya perbaiki blog saya !!

    ReplyDelete
  7. kebutuhan orang lain ini yang susah, siap siap aja bersaing sama orang-orang hebat lainnya :D

    ReplyDelete
  8. jadi bahan belajar ane nih gan untuk menjadi blogger yang lebih baik, mantab gan artikelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip gan thanks ya udah mampir disini

      Delete
  9. Mantap, klo cara dapetin mood buat bikin artikel ga ada gan? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada gan silahkan cari diblog ini cara agar tetep semangat menulis blog

      Delete
  10. Bermanfaat skli buat saya yg pemula

    ReplyDelete
  11. good info, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  12. good info, sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  13. good info, thank infonya ..

    ReplyDelete
  14. Maksih gan sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  15. keren jangan lupa mampir bos disini www.motortrabas.com

    ReplyDelete
  16. Makasih gan sangat membantu sekali bagi saya yang masih pemula hehe

    ReplyDelete
  17. Makasih gan sangat membantu sekali bagi saya yang masih pemula hehe

    ReplyDelete
  18. terimakasih info nya gan. Bermanfaat sekali.
    Mari kunjungi blog saya juga di http://medanlokerterbaru.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  19. terimakasih info nya gan. Bermanfaat sekali.
    Mari kunjungi blog saya juga di http://medanlokerterbaru.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  20. Saya baru buat blog dan masih bingung harus bagaimana 😂

    ReplyDelete
  21. bermanfaat sekali, silahkan berkunjung ke blog saya ceritaeyangsimbah.blogspot.com

    ReplyDelete
  22. Makasih tipsnya, sangat membantu pengembangan blog bisnis saya. silahkan berkunjung ke blog saya tokodistributor.blogspot.com , mohon kritik dan sarannya juga, makasih.

    ReplyDelete
  23. BERITA BAIK UNTUK SEMUA ORANG

    Nama saya Amisha dari bogor di Indonesia, saya adalah perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu setiap orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. curang Anda dengan susah payah uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp500,000,000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 24 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 24 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya adalah Tentang menabrak karena hutang.

    Sebagai pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaannya adalah FANCY LOAN COMPANY. Saya kehilangan jumlah 15 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

    Tuhan jadilah kemuliaan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman semacam itu, mengenalkan saya kepada perusahaan yang dapat dipercaya dimana Ibu Suzan bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp700.000.000 dan mereka meminta surat kepercayaan saya, Dan setelah mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman tersebut disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah sebuah lelucon, dan mungkin inilah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tapi saya tercengang. Ketika saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah tanpa agunan.

    Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan mengenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melonjak ke udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi dalam bahasa Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya Dia tidak tahu tentang Anniesa Hasibuan perusahaan mode saya

    Jadi saya saran setiap orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk silahkan kontak
    Ibu Suzan email: (Suzaninvestment@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (Amisha1213@gmail.com), dan maria yang baru saja mendapat pinjaman dari suzan di: (maaria9925@gmail.com) dan Karina yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Suzan, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Suzan, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya:( Lukman.karina@yahoo.com).

    ReplyDelete
  24. Bagi saya adalah konten, walau itu sulit. Cara membuat konten yg berkualitas itu ynag menurut saya memerlukan banyak waktu dan pemikiran, soalnya harus mengolah kata-kata yang baku atau menarik sehingga pengunjung suka berlama-lama di blog kita

    ReplyDelete

close
close
close